14.34 | Posted in , ,
Perkembangan teknologi Internet dengan Web 2.0-nya, mobile teknologi merupakan media informasi dan komunikasi utama saat ini. Teknologi ini menjadi menjadikan kita bisa tetap ter-update kapan pun dan dimana pun kita berada. Teknologi ini juga memungkinkan kita untuk bisa tetap menjalin relasi secara intens dengan orang lain walaupun sudah jarang bertemu secara langsung. Lahirnya Web 2.0 (Facebook, Blog, dan Social networking lainnya) membua semua orang tanpa kecuali, selama punya akses internet, memiliki kesempatan yang sama untuk bisa maju. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi. Terjadi demokratisasi di segala bidang berkat kemajuan teknologi tadi. Dunia bisnis bkan lagi monopoli perusahaan-persahaan besar bermodal kuat.

Itulah sejumlah istilah yang marak belakangan ini di dunia bisnis dan marketing. Lanskap memang sedang berubah dengan cepatnya sehingga memerlukan pendekatan-pendekatan baru untuk menyikapinya. Konsep-konsep marketing yang sudah ada dalam buk-buku teks saat ini menjadi kurang relevan lagi ditengah gelombang perubahan yang terutama dipicu oleh perkembangan teknologi internet dengan web 2.0-nya serta perkembangan mobile teknologi.

Pendekatan marketing yang bersifat vertikal, top-down, dan one-to-many akan digantikan oleh pendekatan yang bersigat horisontal, bottom-up dan peer-to-peer, serta many-to-many. Legacy marketing akan digantikan oleh New Wave Marketing. Dengan New Wave Marketing inilah pemasar bisa melakukan aktivitas low budget high impact marketing. Tidak perlu lagi memerlukan biaya pemasaran yang besar namun hasilnya kurang sepadan. Pemasar harus bisa semakin melibatkan pelanggan dan memanfaatkan kecanggihan teknologi agar semua program pemasaran yang dilakukan bisa berjalan efektif dan efisien.

Sumber : Buku New Wave Marketing oleh Hermawan Kartajaya
��

Comments

0 responses to "New Wave Marketing"