12.28 | Posted in


Pay It Forward adalah sebuah judul film drama Hollywood yang diproduksi pada tahun 2000. Film yang disutradarai oleh Mimi Leder dan dibintangi oleh dua pemenang “academy awards”, Helen Hunt dan Kevin Spacey itu mengisahkan tentang sebuah ide sederhana dari seorang anak kecil berusia 11 tahun, Trevor Mckinney, yang diperankan oleh Haley Joel Osment. Trevor Mckinney hidup bersama ibunya, Arlene, yang diperankan oleh aktris Helen Hunt. Dikisahkan bahwa ibu Mckinney adalah seorang pemabuk, sedangkan ayahnya jarang berada di rumah.

Kisah film tersebut berawal pada saat seorang guru ilmu sosial di sekolah Mckinney memberikan sebuah tugas. Sang guru, Mr. Simonet, yang diperankan oleh Kevin Spcey, meminta para murid memikirkan sebuah ide yang dapat mengubah dunia. Para murid juga diminta untuk mewujudkannya langsung ke dalam tindakan nyata.

Proyeknya ini dimulai dengan tiga orang mamanya sendiri, seorang Tuna wisma, serta seorang temannya yang selalu dianiaya anak nakal. Mamanya adalah single parent, Trevor mencoba membantu mamanya menemukan pasangan, yaitu guru kelas sosialnya sendiri, Mr Simonet.Terkesan dengan usaha Trevor, mamanya meneruskan kebaikan ke Neneknya yang bertahun-tahun hidup menggembel karena kesalahan besar dan ibunya Trevor memaafkannya. Neneknya ini menolong seorang pencuri yang dikejar polisi. Preman ini kemudian menolong seorang anak pengusaha yang sakit parah, pengusaha tersebut meneruskan dengan menolong seorang wartawan. Terkesan dengan konsep Pay it forward, wartawan ini kemudian melacak asal muasalnya dengan susah payah.

Trevor sendiri kemudian merasa usahanya sia-sia. Mamanya gagal membina hubungan dengan gurunya.Mr simonet takut menghadapi kenyataan bahwa ia cacat karena luka bakar dan ayah Trevor ternyata mau kembali. Gembel yang dibantunya kembali ke kebiasaan lama, dan Trevor tidak berani menghadapi anak-anak berandalan yang selalu menganiaya temannya. Ketika saat pengumpulan tugas, Trevor merasa tugasnya gagal total, tanpa menyadari bahwa ide sederhananya telah banyak merubah hidup orang dan dalam jarak sampai ratusan kilo.

Pada saat itulah wartawan menemukan Trevor. Dan diminta untuk wawancara TV karena idenya itu dapat memberi pengaruh besar bagi banyak orang. Trevor mengajak semua pemirsa yang sedang melihat acara tersebut untuk BERSEDIA MEMULAI DARI DIRI MEREKA SENDIRI UNTUK MELAKUKAN KEBAIKAN KEPADA ORANG-ORANG DISEKITAR MEREKA agar dunia ini menjadi dunia yang lebih baik (BEING BETTER) dan penuh kasih.

Dia juga “menyindir” orang-orang yang tidak berani memulai/takut berbuat kebaikan yang pada dasarnya menyindir Mr.Simonet dan dirinya sendiri. Mr.Simonet akhirnya sadar. pada sisi lain, gembel yang pernah ditolong trevor ternyata juga meneruskan Pay It Forward dengan menolong seorang yang akan bunuh diri.

Dan kini tinggal Trevor yang selalu gagal membantu temannya yang yang dianiaya. Ketika menemukan temannya itu dianiaya anak lain, dan teringat kata-katanya sendiri untuk tidak takut untuk memulai berbuat kebaikan, akhirnya Trevor membantu temannya melawan anak berandalan itu. Namun, di sinilah tragisnya, Trevor akhirnya ditikam oleh anak berandalan itu dan akhirnya meninggal..

Mekanisme dalam ide Mckinney tersebut sebenarnya mirip dengan mekanisme dalam bisnis network marketing. Hanya saja selama ini banyak sekali penyelewengan dengan skema cepat kaya yang mengatasnamakan network marketing. Sehingga bisnis network marketing mendapatkan citra buruk di mata masyarakat. Seandainya bisnis network marketing dijalankan dengan benar atau sesuai prinsip dasar bisnis network marketing, bisnis tersebut dapat menjadi sarana yang efektif untuk mengangkat kondisi kehidupan masyarakat misalnya dalam segi ekonomi, harkat dan martabat, maupun kualitas hubungan sosial.

Terlepas dari semua hal itu, ide McKinney merupakan ide yang brilliant untuk mengubah dunia menjadi lebih baik dengan dimulai dari diri sendiri melakukan kebaikan kecil pada lingkungan disekitarnya yang berefek dapat mengubah dunia, karena dalam setiap kebaikan yang dikerjakannya ia juga menitipkan pesan untuk berbuat baik kepada tiga orang berikutnya, Pay It Forward diartikan oleh saya pribadi sebagai “Balas kedepan” jadi perbuatan baik yang kita lakukan tidak untuk menerima pamrih dari apa yang kita lakukan tapi dalam setiap misi social kita hendaknya disertakan niat yang tulus dan ikhlas tanpa memngharapkan imbalan apapun, orang yang kita tolong dapat membalas budi baik kita kepada orang lain (orang yanmg membutuhkan)/ balas kedepan, jadi efek budi baik kita yang kecil dapat menyebar lewat rantai jaringan yang dapat menyentuh setiap orang yang membutuhkan pertolongan.

Ketika ditanyakan kepadanya (Rasulullah) tentang siapa hamba yang paling dicintai oleh Allah, ia (Rasul) menjawab, yang paling berguna bagi sesama manusia. Dan ketika ditanya tentang amal apakah yang paling utama, ia menjawab “Memasukkan rasa bahagia kedalam hati orang mukmin, menutup rasa laparnya, meringankan kesengsaraannya, atau membayarkan hutangnya.”.

Jika kita mengingat konsep seorang Muslim yang diciptakan sebagai khalifah dimuka bumi, sebagai Rahmatan Lil Alamin (Rahmat bagi seluruh alam), hendaknya dapat menyebar kasih kepada setiap orang walaupun dengan kebaikan kecil, sehinngga menjadikan dunia ini penuh dengan cinta, kasih, dan kedamaian bukan menjadi manusia yang menimbulkan kerusakan dimuka bumi.

“Dan carilah pada apa yang telah di anugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan..” === (Q.S: Al-Qashas Ayat 77)===

“To give pleasure to a single heart by a single act is better than a thousand heads bowing in prayer. – Memberi kebahagiaan kepada sebuah hati dengan suatu tindakan nyata yang sederhana adalah lebih baik dibandingkan ribuan kepala yang bersujud dalam do’a.”
~ Mahatma Gandhi

Gambar diambil dari : http://www.payitforward.warnerbros.com

Category:
��

Comments

0 responses to "PAY IT FORWARD"