11.55 | Posted in

The six Degrees of Separation Teory, konsep bahwa setiap manusia di bumi mempunyai hubungan yang sangat dekat satu sama lain ini pertama kali dicetuskan oleh penulis cerpen Hungaria bernama Frigyes Karinthy di tahun 1929. Namun, psikolog sosial asal Universitas Harvard bernama Stanley Migram-lah yang berhasil yang membuktikan kebenaran premis ini di tahun 1967. Dalam risetnya, migram berhasil membuktikan bahwa setiap orang yang bermukim di Amerika Serikat (ia menggunakan AS sebagai sampel penelitiannya) saling berhubungan satu sama lain melaui enam orang sebagai titik pertaliannya (Friendship Link). Ia sendiri tidak pernah menggunakan istilah The Six Degrees of Separation, namun fenomena "enam orang sebagai titik pertalian" sering kali dihubungkan dengan studi ilmiahnya yang dikenal sebagai The Small World Experiment ini.

Didunia Internet, titik-titik pertalian ini tidak hanya terbatas kepada mereka yang bermukim di suatu letak geografis tertentu saja.Duncan Watts, seorang profesor di Columbia University berhasil membuktikan di tahun bahwa setiap e-mail yang disebarkan secara random kepada 48.000 orang di 157 negara saling bertalian rata-rata setiap enam orang . Jadi, satu dari enam orang yang kita temui di Internet (bahkan dunia nyata) pasti mempunyai hubungan baik langsung maupun tidak langsung dengan kita.

Artrikel di atas saya dapatkan dari ebook Gratis "Mindset Sukses (Jalur Cepat Menuju Kebebasan Finansial)" yang dahulu dibagikan secara gratis di blognya Jennie S. Bev (JennieForIndonesia.com), sekarang ebook tersebut sudah berubah menjadi sebuah buku dengan judul yang sama dan best seller dalam penjualannya. Apakah Anda yakin dengan teori ini ? , selanjutnya pertanyaannya apakah tori ini juga berlaku di negara tercinta kita Indonesia ?, kalau saya sendiri yakin dengan teori ini. Beberapa kali saya menemukan kasus seperti yang diuraikan pada teori ini, "dunia ini sempit" kata orang, suatu saat kita akan menemukan momen pada saat bersosialisasi dengan teman-teman kita baik di kantor, di tempat perkuluiahan atau dimanapun itu. Kadang terheran-heran dengan fenomena hubungan pertalian ini, eh ternyata si "ini" temannya si "itu", si "Bram" temannya si "Heti" dan bla.....bla....bla....and so... on... so..on.

"Be a good friend, so people will be a good friend for you". Jadilah seorang teman yang baik, maka orang lain akan menjadi teman yang baik pula bagi Anda, dalam Islam dikenal dengan kosep Silaturahmi. Silaturahmi mengundang rezeki, karena dengan silaturahmi kita juga memperkuat Networking dan melipat gandakannya. Suatu saat kita membutuhkan teman-teman yang sudah terjalin dengan baik ini, baik dalam hal pekerjaan, jodoh atau apapun itu jika kita mempunyai track record yang baik semuanya itu dapat terpenuhi lewat jaringan pertemanan yang telah di bangun.

Gambar : http://www.rachel-levy.com/worried-you-might-let-laid-off/
Category:
��

Comments

0 responses to "The Six Degrees of Separation Theory"