22.46 | Posted in
Maju Export Indonesia !, sebuah kompetisi blog yang digagas AQSA Living ini bertujuan untuk mendorong export Indonesia khususnya dibidang furniture kayu di Indonesia khususnya di bidang furniture kayu Indonesia dan multiplier effectnya untuk kemajuan Indonesia. Pencanangan tahun 2009 sebagai tahun Industri kreatif merupakan titik awal untuk memulai merubah paradigma industri furiture kayu (Wooden Furniture) Indonesia sebagai produk komoditas (tangible asset) menjadi potensi desain dan merk (intangible asset) untuk mewujudkan masa depan indonesia yang mandiri dan sejahtera.

Perlu kita sadari Indonesia memiliki hutan hujan tropika yang terdiri dari banyak pohon. Lebih kurang 4000 jenis yang tumbuh pada berbagai formasi hutan dan tipe hutan telah diketahui nilai komersil kayunya. Kini hutan Indonesia merana dirambah oleh pembalakan liar (illegal logging) mengakibatkan degradasi hutan yang serius. Eksportir kayu mentah dengan seenaknya memborbardir hutan dengan label "HPH". Memeberikan nilai tambah terhadap produk hutan Indonesia menjadi sebuah langkah bijak untuk mendatangkan devisa bagi negara. Wooden Furniture (furniture kayu) Indonesia merupakan warisan budaya (local genius) dari Indonesia. Berbagai macam desain dengan ciri khas masing-masing daerah telah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu dan mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri. Industri furniture kayu Indonesia juga telah terbukti menjadi salah satu industri padat karya dan telah menyerap ribuan tenaga kerja serta menciptakan multiplier effec bagi roda perekonomian Indonesia. Industri furniture kayu telah menggerakkan ekonomi dan menjadi gantungan hidup masyarakat Jepara, Kudus, Cirebon, Jogjakarta, Surakarta, dan berbagai wilayah sentra industri furniture kayu lain di Indonesia.

Diperlukan riset lebih lanjut yang menggabungkan desain masing-masing daerah dengan sentuhan manufacture berstandar Internasional menjadikan produk furniture kayu Indonesia dapat bersaing di pasar Internasional. Wooden furniture design (desain furniture kayu) yang up to date diperlukan untuk bersaing dengan desain yang sudah ada, produk furniture kayu Indonesia harus lebih unggul dibandingkan dengan negara lain disebabkan Indonesia memiliki beragam corak design di masing-masing daerah yang unik dan antik. Kerjasama antara instansi terkait dari Departemen Perindustrian, kehutanan maupun exportir furniture kayu digiatkan untuk memperkenalkan produk furniture kayu lewat serangkaian pameran baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Promosi disetiap pintu kedatangan bandara Internasional dengan membagikan merchandise (baju, sticker, dll) dan catalogue produk furniture kayu Indonesia merupakan langkah jitu untuk memperkenalkan keunikan furniture kayu hasil olahan Indonesia yang berbeda dengan produk luar. Ikut mensukseskan Visit Indonesian Year setiap tahun dengan turut mengikuti agenda wisata disetiap daerah yang bertujuan memperkenalkan wooden furniture lokal daerah masing-masing. Sementara itu di era Cyber Marketing ini promosi online juga memegang peranan yang sangat penting untuk membengun "Brand" yang kuat, salah satu langkah yang sudah diperbuat oleh Aqsa Living adalah meningkatkan kepopuleran situs untuk memperkenalkan produk furniture Indonesia, meningkatkan tingkat kunjungan ke website penyedia produk furniture kayu diperlukan untuk memperebutkan kata kunci yang selalu dicari oleh para pemburu produk furniture kayu, kesemua langkah diatas diperlukan untuk membangun furniture kayu (build wooden furniture) Indonesia dan menggiatkan Ekspor Indonesia. Maju Ekspor Furniture Kayu Indonesia !.



Maju Export Indonesia

Gambar : http://contest.aqsaliving.com/logo
Category:
��

Comments

0 responses to "Maju Export Indonesia !"