09.47 | Posted in ,
Affiliate Marketing, sebuah cara menghasilkan uang dari internet. Bisnis ini pada dasarnya merupakan model bisnis lama, yakni membayar jasa seseorang hanya jika seseorang berhasil menjual. Jika di dunia offline kita mengenal ada bagian marketing di suatu perusahaan atau beberapa waktu yang telah lalu sempat booming dengan yang namanya Network Marketing (MLM) bahkan sampai sekarang konsep Network marketing masih dijalankan, masing-masing tenaga pemasar ini melakukan tugas untuk memperkenalkan dan menjual produk suatu perusahaan. Jika seorang berhasil memasarkan suatu produk akan mendapat fee marketing atau upah yang dibayarkan atas keberhasilannya menjual suatu produk. Di era informasi dengan berbasis pada web 2.0, semua perusahaan berlomba-lomba memiliki website, penjualan offline juga membekali diri dengan sebuah website yang berisi katalog produk guna memperkenalkan produknya ke lingkup yang lebih luas. Affiliate Marketer, sebuah sebutan bagi seorang makelar online. Jika di dunia offline kita membayar seorang makelar yang berhasil menjual suatu produk dengan prosentase bagi hasil yang telah disepakati sebelumnya, tidak bedanya dengan makelar online (seorang affiliate).

Langkah pertama dari seorang yang ingin menjadi seorang affiliate yaitu harus terlebih dahulu mendaftar pada sebuah web yang menyediakan sejumlah produk yang ingin dijualkan, lalu seorang affiliate membuat sebuah landing page (dapat berupa blog atau website) yang berisi sejumlah artikel dengan sales letter (preview) produk yang meyakinkan agar seorang pembeli tertarik dan terbius oleh presentasi penawaran yang anda tawarkan, langkah berikutnya bagaimana landing page (berisi link affiliasi produk) tersebut dapat dikenal lewat seach engine, mengapa search engine ? karena search engine adalah pintu masuk dari segala macam bentuk pencarian. Search Engine Marketing (SEM) merupakan suatu langkah untuk mempromosikan sebuah website ke berbagai mesin pencari, promosinya lewat berbagai metode baik yang gratis (SEO) maupun berbayar (adwords,dll) sehingga dapat meningkatkan visibilitas di mesin pencari.

Setiap model bisnis ada kelebihan dan kekurangan tetapi affiliate marketing adalah salah satu model bisnis yang bagus. Ada 17 kelebihan atau keunggulan dari melakukan affiliate marketing dibanding usaha konvensional atau model bisnis yang lain. Sumber ide post ini dari Super Affiliate Handbook dari Rosalind Gardner, ke 17 kelebihan affiliate marketing adalah :
  1. Tidak ada biaya produksi - Tingginya biaya untuk mengembangkan dan membuat produk baru umumnya mencegah banyak orang untuk membuat produk sendiri. Dengan affiliate marketing, biaya produksi bukanlah sebuah masalah karena produk sudah dikembangkan dan sudah terbukti - dengan uang merchant.
  2. Biaya awal yang rendah - Dibandingkan dengan membangun sebuah toko di pinggir jalan, menjadi seorang affiliate marketer hanyalah sebuah meja, komputer yang terkoneksi internet dan beberapa software bantu.
  3. Tidak ada biaya atau lisensi - Seorang distributor di dunia nyata seringkali harus membayar biaya lisensi untuk dapat memasarkan produk di area tertentu yang terbatas. Program affiliate berkebalikan, umumnya gratis untuk bergabung dan area yang menjadi target pemasaran tidak terbatas.
  4. Dapat menjual apa saja - Di negara modern dan maju, hampir semua barang dibeli secara online. Di masyarakat negara berkembangpun banyak barang mulai dibeli secara online seperti buku, software, elektronik, CD dan lain-lain. Ada puluhan ribu program affiliate yang bisa Anda pilih untuk dipromosikan.
  5. Tidak membutuhkan pengalaman sales / menjual - Ketika anda memulai affiliate marketing, Anda tidak membutuhkan pengalaman sales. Umumnya merchant menyediakan materi marketing yang bagus yang dapat digunakan di website affiliate yang kita buat.
  6. Tidak perlu ada karyawan - Setiap orang yang pernah membuat bisnis pasti tahu bagaimana rasanya memiliki karyawan. Saya pribadi pernah memulai perusahaan yang memiliki hanya 2-3 karyawan sampai dengan perusahaan yang memiliki lebih dari 50 karyawan. Jika saya bisa memilih, saya ingin memiliki omset perusahaan besar, tanpa ada karyawan, hidup akan terasa lebih menyenangkan .Hal itu dimungkinkan dengan bisnis affiliate marketing.
  7. Tidak menanggung biaya pemrosesan order - Untuk memproses order secara online, merchant perlu membayar biaya merchant account, fee pemrosesan kartu kredit, fee bila terjadi kartu kredit fraud / curian, fee refund / pembatalan order dll. Sesuatu yang tidak perlu ditanggung atau dipusingin oleh seorang affiliate marketer.
  8. Tidak perlu ada stok barang - Sebagai seorang affiliate marketer, Anda dapat menjual item besar seperti furniture, barang elektronik tanpa perlu pusing dengan tempat stok barang.
  9. Tidak perlu memproses order - Lupakan masalah yang bisa timbul karena mengumpulkan nama, alamat, kartu kredit dan lain-lain. Merchant yang menghandle semua itu.
  10. Tidak perlu repot melakukan pengiriman - Biaya dan keruwetan untuk menyiapkan dan mengirim produk ke pelanggan di seluruh dunia benar-benar menakutkan saya. Saya pernah di bisnis produksi kaset training pembicara top di Indonesia. Saat order lagi banyak-banyaknya, saya harus lembur-lembur untuk menyiapkan dan mengirim barang ke pemesan walaupun saya sudah ada karyawan untuk membantunya.
  11. Tidak perlu ada Customer Service - Punya pelanggan adalah hal yang bagus, tetapi saat harus menghadapi komplain pelanggan dan kadang-kadang memang ada pelanggan yang benar-benar bawel dan cerewet, Anda akan bersyukur sebagai affiliate marketer karena merchant Anda yang harus menangani semua itu.
  12. Menghasilkan uang ketika anda tidur - Bisnis seperti apa yang memungkinkan Anda terus beroperasi 24 jam selama 365 hari walaupun Anda sedang tidur, pulang ke rumah dan bahkan liburan ?
  13. Pasar seluruh dunia - Internet adalah pasar terbesar di dunia. Anda bisa mendatangkan visitor / pengunjung ke toko online Anda dari seluruh dunia.
  14. Bekerja dari rumah - Bekerja dari rumah seringkali menjadi impian bagi banyak pekerja yang harus menghabiskan waktu lama hanya untuk sampai ke tempat kerja. Orangtua jadi punya waktu yang lebih banyak untuk keluarga saat bekerja dari rumah.
  15. Bekerja darimana saja di dunia - Ini adalah salah satu alasan utama saya melakukan affiliate marketing. Saya ingin travelling ke manca negara dan seluruh indonesia dan tetap bisa memonitor bisnis saya dengan sebuah laptop yang terkoneksi internet.
  16. Resiko kecil - Jika Anda tidak berhasil mendapat income dari produk yang Anda promosikan, buang saja, ganti dengan produk lain dengan mengganti link di website Anda. Cuma itu saja. Tidak ada kontrak / komitmen yang mengharuskan Anda menjual produk tertentu.
  17. Potensi penghasilan yang besar - potensi income yang Anda hasilkan tergantung kerja keras Anda dan impian Anda. Seperti yang saya bilang di awal, ada affiliate marketer yang menghasilkan ratusan ribu US dollar atau Milyaran rupiah per bulan, bukan per tahun. Tetapi ada juga affiliate marketer yang puas dengan hasilkan sepuluh juta rupiah per bulannya. Itu pilihan Anda sendiri.

Telah banyak afiliate baik dalam negeri maupun luar negeri yang menghasilkan ribuan dollar dari komisi affiliate, didalam negeri banyak sekali yang telah menikmati komisi affiliate salah satu contoh adalah Habibie Afsyah yang pernah memperoleh 5000 dollar lebih dari Amazon. Di luar negeri banyak sekali top affiliate dunia, seperti Ewen Chia, Shoemoney dan masih banyak lagi yang lainnya, sampai-sampai ada pertemuan para top affiliate dunia dalam forum Affiliate Summit.

Banyak sekali tawaran untuk mengikuti affiliate program di luar negeri, dua program affliliate yang sering kita dengar yaitu Amazon dan Clickbank. Sebenarnya banyak sekali yang menawarkan program affiliate dengan prosentase per salenya bervariasi seperti Implix yang terkenal dengan produk email autorespondernya, hosgator dengan layanan webhostingnya, comission junction, paydotcom, Click2sell, ShareAsell, dan banyak lagi yang lainnya.


Diluar negeri, affilaite marketing ini sangat luas digunakan. Anda akan menemukan hampir semua perusahaan besar seperti Wallmart, Home Depot, Ebay , Yahoo !, Dell, HP , Sony, Apple itu punya affiliate program. Jadi peluang affilate marketing itu begitu luas karena begitu banyak produk yang ada, bagaimana dengan di Indonesia ?, di Indonesia juga ada beberapa yang menjalankan program affiliate tapi tidak sebesar program affiliasi yang ada di luar negeri. Entah berapa lama Internet Marketing Indonesia berkembang yang memungkinnkan onliners mendapatkan dollar hanya dengan bekerja di depan komputer sebagai affliate marketer.

Sumber : Dari berbagai sumber

��

Comments

2 responses to "Affiliate Marketing"

  1. ebay software On 1 Februari 2010 16.31

    your blog is so nice i want post here. thanks
    ebay software

     
  2. ebay software On 1 Februari 2010 19.43

    I have visited your blog and it's really very good and useful too. Thanks for the information.
    ebay software