19.07 | Posted in , ,

Joomla adalah sebuah Content Managemen System yang dapat digunakan oleh siapa saja untuk
keperluan pembuatan website, mulai dari yang sangat sederhana sampai dengan website yang sangat kompleks. Berikut beberapa website yang dapat dibagun dengan joomla :

  1. Website coorporate atau portal
  2. Website e-commerce
  3. Website untuk perusahaan kecil
  4. Website untuk organisasi Non-profit
  5. Website untuk pemerintah
  6. Website untuk keperluan internet
  7. Website untuk sekolah dan Perguruan Tinggi
  8. Website Pribadi atau blog
  9. Website untuk komunitas dan portal
  10. Website untuk majalah, koran, dan tabloid
  11. Dan masih banyak lagi....

Begitu banyak aplikasi yang dapat ditangani oleh joomla, tak heran kalau Joomla menjadi pilihan banyak orang dalam pembuatan website-nya. Disamping itu, Joomla juga mudah di instalasi, mudah dalam pengelolaannya dan dapat domodifikasi sesuai kebutuhan kita. Oleh karena itu Joomla mempunyai prinsip, fleksible, simple, elegant, customizable, dan powerful.

Joomla merupakan pengembangan dari open source project Mambo, yang dahulu disebut Mamboo Open Source atau MOS. Mamboo sebenarnya dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Miro. Miro memberikannya kepada komunitas open source (komunitas pengembang) sebuah variant WCMS yang gratis untuk dikembangkan.
Setelah menyerahkannya pada komunitas, MOS berkembang dengan baik. Pada bulan Agustus 2005 terjadi perselisihan prinsip antara pihak komunitas pengembang MOS dan miro.


Akibat perbedaan prinsip ini, beberapa orang tim MOS keluar dari project tersebut dan akhirnya membentuk project open source baru yang diberi nama Joomla. Kata Joomla sendiri diambil dari kata Jumla, bahasa Suaheli dari penduduk Kenya dan Tanzania di benua Afrika yang berarti "all this together".

Setelah membaca ebook gratis tentang joomla, ternyata mempelajarinya lumayan sedikit rumit untuk orang yang baru mengenal joomla, tetapi akhirnya berhasil juga membuat Websiet Organisasi Hikmatul Iman Indonesia Ranting UPI. Website ini dibuat bebarengan. Website ini akhirnya jadi juga setelah 3x error dengan tampilan yang menurut saya bagus sekali. Joomla juga dapat dibuat sebagai Website pribadi, contohnya Blog teman saya ini yang menggunakan joomla. Joomla juga didukung scipt forum dalam bentuk forum, juka kebnayajan forum menggunakan PHPBB, ternyata kita bisa menginstal forum joomla secara terintegrasi.

Berikut ini saya lampirkan ebook belajar joomla yang dapat Anda download, semoga bermanfaat.


Manual Joomla




Tutorial Joomla


Sumber : "Joomla! Easy Website Membangun Situs Personal Dengan Joomla !" Buku Panduan pelatihan Joomla UPI.

Gambar : www.ternaria.com/immagini/Joomla.png
��

Comments

2 responses to "Belajar Joomla"

  1. hyper On 11 Januari 2009 15.50

    Thanks bro,semoga mendapat balasan yang setimpal,eBooknya tak baca dulu,entar gue kabari bila udah pinter

     
  2. ziwidi On 17 Januari 2009 13.57

    mari belajar joomla brow :)