11.40 | Posted in , ,
Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) merupakan pengembangan dari Emotional Freedom Technique (EFT) yang ditemukan oleh Gary Craig. Satu modifikasi kreatif untuk mengkombinasikan kekuatan EFT dengan kekuatan spiritual. SEFT adalah salah satu varian dari satu cabang ilmu baru yang dinamai Energy Psycology. Energy Psycology adalah bidang ilmu yang relatif baru. Walaupun embrionya yang berupa prinsip-prinsip Energy healing telah dipraktikkan oleh para dokter Tiongkok kuno lebih dari 5000 tahun yang lalu, tetapi Energy Psycology baru dikenal luas sejak penemuan Dr. Roger Callahan ditahun 1980-an.

Definisi Energy Psycology menurut salah satu reseracher utamanya, Dr. David Freinstein :
"Energy psycology adalah seperangkat prinsip dan teknik memanfaatkan sistem energy tubuh untuk memperbaiki kondisi pikiran, emosi, dan perilaku." Selanjutnya Dr. Freinstein bersama Dr. Fred Gallo memberikan penjelasan berikut :
Anda mungkin tahu bahwa "Ketidak seimbangan Kimia" dalam tubuh ikut berperan dalam menimbulkan berbagai gangguan emosi seperti depresi, stress, dan cemas (itulah sebabnya para psikiater memberikan obat anti depressan untuk penderita depresi dan para pecandu narkoba mengkonsumsi ectasy untuk menimbulkan rasa "fly=bahagia". Neuropsycologist yang radikal bahkan berkesimpulan bahwa semua perasaan, baik negatif maupun positif bisa kita rekayasa dengan cairan limia).

Telah banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa gangguan "energi tubuh" ternyata juga berpengaruh besar dalam menimbulkan gangguan emosi. Dan bahwa interfensi pada sistem energi tubuh dapat mengubah "kondisi kimiawi otak" yang selanjutnya akan mengubah emosi kita. (Teori Einstein mengatakan bahwa setiap atom dalam tiap benda mengandung energi [E=MC2]). Tangan kita mengandung "energy electromagnetic", setiap sel dan organ dalam tubuh kita-pun memiliki energi elektrik. Energi elektrik juga mengalir dalam system syaraf kita. Medan energi elektriik melingkupi organ maupun seluruh tubuh kita. Begitu pula satu bentuk energi yang lebih subtle mengalir dalam tubuh kita, para ahli akupuntur menyebutnya "chi" dan para ahli Yoga menyebutnya "Prana". Energi "Chi" ini sangat penting perannya dalam kesehatan kita. Ia mengalir sepanjang 12 jalur energi yang disebut "energi meridian". Jika aliran energi ini terhambat maka timbullah gangguan emosi atau penyakit fisik.

Sel-sel dalam tubuh kita digerakkan oleh energi. Ia dapat kita pelajari dengan pendekatan materi atau energi. Dalam tiap tradisi pengobatan klasik, penyembuhan dilakukan
dengan menggunakana energi.
Albert Szent-Gyorgyi
Penerima Hadiah Nobel bidang Kedokteran

Hanya karena kita tidak bisa mendeteksi, meraba atau mengukur "aliran energi tubuh" yang oleh para dokter China penting untuk menegendalikan penyakit,
bukan berarti bahwa energi itu tidak ada.
Andrew Weil, MD

Informasi yang dikirimkan dan diterima oleh satu neuron ke neuron yang lain berbentuk signal elektrik yang dihasilkan oleh atom
yang penuh dengan energi.
Jeffrey M. Schwartz, M.D.
Penulis buku "The Mind and The Brain"

SEFT yang merupakan pengembangan EFT dengan menambahkan elemen spiritual menjadi lebih efektif karena jika kita menghubungkan segala tindakan kita dengan Allah SWT, maka kekuatannya akan berlipat ganda. Ternyata penjelasan ilmiahnya ada dalam penelitian dr. Larry Dossey. Larry Dossey MD, adalah seorang dokter ahli penyakit dalam yang melakukan penelitian ekstensif tentang efek doa terhadap kesembuhan pasien. Penelitian yang sempat mengguncang dunia kedokteran barat ini dijelaskan secara rinci dan meyakinkan dalam bukunya The Healing Word : The Power of Prayer and The Practice of Medicine. Inti pesan yang ingin disampaikan oleh dokter Dossey adalah bahwa doa dan spiritualitas, terbukti dalam penelitian ilmiah, ternyata memiliki kekuatan yang sama besar dengan pengobatan dan pembedahan.

Dalam prakteknya SEFT sedikit berbeda dengan acupunture dan Accupresure, jika pada acupunture dan Accupresure menggunakan 361 titik disepanjang energy meridian tubuh, pada SEFT hanya menggunakan 18 titiki kunci di sepanjang 12 energy meridian tubuh. Berbeda dengan accupunture yang menggunakan jarum atau menekan dengan kuat, pada SEFT menggunakan ketukan ringan (Tapping) pada ke 18 titik kunci tubuh.

Melakukan SEFT terdiri dari tiga langkah :

1. The Set-UP
"The Set-Up" bertujuan untuk memastikan agar aliran energi tubuh kita terarahkan dengan tepat. Langkah ini kita lakukan untuk menetralisir "Psycological Reversal" atau perlawanan psikologis" (biasanya berupa pikiran negatif spontan atau keyakinan bawah sadar negatif).

2.The Tune-In
Untuk masalah fisik, kita melakukan tune-in dengan cara merasakan rasa sakit yang kita alami, lau mengarahkan pikiran kita ketempat rasa sakit dan sambil terus melakukan 2 hal tersebut, hati dan mulut kita mengatakan , "Saya ikhlas, saya pasrah..Ya Allah.." Untuk masalah emosi, kita melakukan "Tune-In" dengan cara memikirkan sesuatu atau peristiwa spesifik tertentu yang dapat membangkitkan emosi negatif yang ingin kita hilangkan. Ketika terjadi reaksi negatif (marah, sedih, takut, dsb) hati dan mulut kita mengatakan , Yaa Allah...saya ikhlas... saya pasrah.

3. The Tapping
Tapping adalah mengetuk ringan dengan dua ujung jari pada titik-titik tertentu di tubuh kita sambil terus Tune-In. Titik-titik ini adalah titik-titik kunci dari "The Major Energy Meridians", yang jika kita ketuk beberapa kali akan berdampak pada ternetralisirnya gangguan emosi atau rasa sakit yang kita rasakan. Karena aliran energi tubuh berjalan dengan normal dan seimbang kembali.

SEFT dapat mengatasi masalah emosi dan fisik seperti : takut, trauma, depresi, kecanduan rokok, sulit tidur, mudah marah, kesulitan belajar, tidak percaya diri, sakit kepala, maag , kelebihan berat badan, sakit jantung, stress; dapat juga meningkatkan prestasi belajar, prestasi olah raga, prestasi dalam bidang bisnis, keharmoniosan keluarga, dll. SEFT dan terapi Energy Psycology lainnya telah dipraktikkan oleh lebih dari 100.000 orang diseluruh dunia dengan tidak ada keluhan efek samping. Walaupun dalam praktiknya SEFT dilaporkan sangat efektif, tetapi ada kemungkinan SEFT tidak berhasil menyelesaikan masalah Anda. Hal ini berarti Anda perlu belajar lebih banyak atau meminta bantuan seorang profesional yang berpengalaman.

Sumber : "Spirutual Emotional Freedom Technique (SEFT) Cara tercepat dan Termudah Mengatasi Berbagai Masalah Fisik dan Emosi" Oleh
Ahmad Faiz Zainuddin Penerbit PT. ARGA Publishing Jakarta.

Gambar: http://ikabelaopiniku.blogspot.com/2007/09/seft-terapi-doa-ketukan-apa-itu-seft.html
��

Comments

0 responses to "Spiritual Emotional Freedom Technique"