19.12 | Posted in ,
Slumdog Milionaire, sebuah film dengan latar belakang daerah kumuh (slum) di Mumbai, India ini bercerita tentang seorang anak miskin yang besar dilinkungan kumuh kota Mumbai yang mendadak menjadi kaya setelah menang dalam kuis "Who Wants To Be A Milionaire" versi India sebesar 20 Juta Rupee. Jamal Malik merupakan seorang anak didaerah miskin yang mempunyai seorang kakak bernama Salim, mereka melewati masa kanak-kanak yang bahagia bersama teman-teman sebayanya. Keceriaan masa kecil dan kenakalan yang biasa mengisi hari-hari Jamal dan Kakaknya, keceriaan ini terlihat pada saat kunjungan bintang film terkenal India pada saat itu yaitu Amitabh Bachan, segala cara ia korbankan demi untuk bertemu dengan sang pujaan hati sampai-sampai rela untuk menceburkan diri ke jamban (kakus). Usaha nekatnya terbayar dengan mendapatkan tanda tangan langsung dari tangan sang bintang. Namun sayang hari-hari bahagia dan keceriaan masa kecil padam karena sebuah peristiwa kerusuhan yang menyebabkan kematian ibunya, mulailah Jamal dan kakaknya terpaksa untuk menjalani hidup keras dijalan bersama Latika yang memiliki nasib serupa. Petualangan baru dimulai, bersama kakaknya Jamal mengisi lanjutan kehidupannya dengan berdagang, mencuri dan menjadi guide turis yang mengunjungi Taj Mahal. Episode kehidupan getir ini membuat Jamal menjadi pribadi yang pendiam sangat kontras sekali dengan masa kecil yang dihiasi dengan tawa canda, rentetan trauma menggores hatinya. Berbagai peristiwa yang membekas ini diantaranya kematian ibunya, terperangkap dengan mafia pengemis, kekasih hatinya yang terenggut, dan berbagai peristiwa pahit lainnya yang mengiringi setiap lamngkahnya. Ternyata setiap peristiwa pahit tersebuat menyimpan hikmah yang besar, Tuhan menyisipkan peristiwa-peristiwa penting yang nantinya akan berguna untuk membawa Jamal menjadi seorang Milyarder dadakan lewat sebuah permainan kuis yang sebenarnya hanya cocok untuk para intelektual yang memiliki pengetahuan yang luas.

Tidak selamanya kehidupan ini dihiasi dengan kesedihan ataupun kebahagiaan secara terus-menerus keduanya silih berganti, Semua kenangan pahit dan peristiwa yang tertanam di benaknya membawa keberuntungan, seluruh pertanyaan kuis '"Who Wants To Be Milionaire" masing-masing terjawab dengan jawaban yang sama persis dengan berbagai pengalaman yang telah ia peroleh. Dari pertanyaan mengenai gambar siapa yang terdapat dalam pecahan uang 100$, siapa yang menemukan senjata revolver, sirkus Cambridge berada didaerah mana?, pemain Cricket, sampai nama ksatria yang terdapat pada sebuah buku dapat terjawab secara tepat oleh Jamal. Sampai-sampai pihak kepolisian mencurigai adanya kecurangan yang dilakukan oleh Jamal, kesemua rintangan dapat dilalui dan menjadikannya seorang milyarder baru.

Sebenarnya Jamal mengikuti kuis tersebut sebagai upaya menarik simpati kekasih sejatinya (soulmate) dan wujud cintanya terhadap Latika, tapi nasib baik membawanya untuk mendapatkan dua kebahagiaan sekaligus, kekasih pujaan hati dan harta yang melimpah.
Sebuah film yang menyentuh dan membawa pesan moral untuk tetap menjalani hidup sepahit apapun itu suatu saat kita akan menemukan kepingan keberuntungan yang menunggu didepan sana (In Time You'll Find The Way).

Gambar : http://www.impawards.com/2008/slumdog_millionaire.html

Category: ,
��

Comments

0 responses to "Slumdog Milionaire"