18.55 | Posted in , ,
When GOD Winks, sebuah buku yang saya baca karangan SQuire Rushnell berisi tentang "Menangkap isyarat Tuhan dari peristiwa-peristiwa kebetulan.
Rumusan kata kebetulan diuraikan dalam American Heritage Dictionary sebagai "Suatu urutan peristiwa yang meskipun terjadi tanpa sengaja tetapi sepertinya sudah direncanakan atau diatur."


Tidak ada yang namanya kebetulan
Dan apa yang tampak oleh kita sebagai sekedar kebetulan
sebenarnya muncul dari sumber takdir yang terdalam
Johann Von Schiller

Pernahkah Anda mendapati diri Anda memikirkan seseorang yang telah lama tidak terlintas dalam pikiran, kemudian keesokan harinya Anda bertemu dengannya ?
Atau sesuatu yang tidak menyenangkan- misalnya diberhentikan dari pekerjaan- terjadi pada diri Anda, lalu tidak lama kemudian menemukan suatu kesempatan yang lebih baik.
Apakah ini kebetulan ?
Atau apakah Anda dibimbing ke saat ini untuk belajar lebih banyak tentang diri Anda dan rambu-rambu misterius yang disebut Isyarat Tuhan- yang menyebabkan Anda bertemu dengan orang-orang tertentu, menggerakkan Anda kearah-arah baru, dan menempatkan Anda dalam situasi-situasi yang tidak pernah diantisipasi ?.

Anda akan membenarkan sesuatu yang selama ini telah Anda duga : bahwa kebetulan-isyarat Tuhan adalah pesan-pesan kecil yang diberikan kepada Anda disepanjang perjalanan hidup, mengarahkan Anda ke jalan agung yang telah dirancang secara khusus untuk Anda.

Jika Anda mengingat-ingat saat-saat ketika hidup Anda mengalamai perubahan besar, Anda akan menemukan bahwa suatu kebetulan akan menyertai setiap titik balik dalam hidup Anda.
Isyarat Tuhan juga merupakan pesan peneguhan yang dtang pada saat Anda sangat membutuhkannya: ketika Anda berada dipersimpangan jalan hidup dan ketika ketidakstabilan mengelilingi Anda. Malah sebenarnya, bisa dikatakan bahwa kebetulan adalah cara terbaik bagi Tuhan untuk menyatakan kehadiran-Nya yang abadi dalam hidup Anda.

Coba saja pikirkan. Jika Anda adalah Tuhan dan ingin berkomunikasi dengan manusia tanpa menggunakan suara manusia, bagaimana Anda melakukannya ? Anda akan melakukan keajaiban-keajaiban kecil, bukan ? Anda akan menciptakan keajaiban-keajaiban kecil, seperti kebetulan-kebetulan, yang membuat orang berkata "Apa arti dari semua kejadian ini ?"inilah Isyarat Tuhan.

Meningkatkan kesadaran akan isyarat Tuhan yang sering kali berlalu tanpa mendapat perhatian atau diabaikan begitu saja, serta mengenalinya sebagai sesuatu yang sangat pribadi, akan mengukuhkan kembali bahwa eksistensi Anda bukanlah kebetulan dan bahwa Anda memang memiliki peran didalam rencana kehidupan yang teramat besar.

Bukanlah peristiwa-peristiwa yang ada memunculkan pikiran
bahwa peristiwa-peristiwa tersebut bukannya tidak dirancang ?
Daniel Webster

Kita adalah bagian dari alam semesta yang teratur dan terancang, ada sesuatu rencana besar dan bahwa semua potongan-potongan dari rencana tersebut akan menempati tempat masing-masing dengan cara yang indah.

Ada kekuatan penuntun dan keteraturan didalam hidup kita, mungkin kekuatan itu tidak menuntun kita pada jalan yang telah kita pilih sendiri atau secepat yang kita inginkan , tetapi bagaimanapun, kekuatan itu menuntun kita. Ketika kita membawa diri sejauh kita bisa dan merasa bahwa kita tidak bisa pergi lebih jauh, saat kita harus bersiaga mencari isyarat Tuhan. Isyarat itu akan muncul.

Sebagian besar dari peristiwa kebetulan sehari-hari yang terjadi pada diri Anda bukanlah peristiwa besar menonjol. Pada umumnya peristiwa-peristiwa tersebut adalah peristiwa-peristiwa kecil, kadang-kadang merupakan isyarat kecil aneh yang membuat Anda diam-diam bertanya : Apakah peristiwa itu ada artinya ?. Isyarat-isyarat kecil memang mengartikan sesuatu bahwa Anda tidak seorang diri, bahwa selalu ada kehadiran kosmis dalam hidup Anda.

Semakin peka diri Anda terhadap isyarat Tuhan dalam kehidupan sehari-hari, semakin sering Anda melihat isyarat tersebut. Isyarat Tuhan kepada Anda bisa merupakan sesuatu yang lucu, ironis, atau sekedar sesuatu yang mengundang senyum dan gelengan kepala. Tetapi ketika isyarat-isyarat tersebut terjadi, Anda tahu bahwa ini adalah pesan kecil untuk Anda. Anda akan segera melihat isyarat Tuhan - berbagai kebetulan dan doa yang terjawab - yang mengukuhkan bahwa hidup Anda sedang diarahkan oleh GPS Superglobal.

Nasib bukanlah soal kebetulan. Tetapi soal pilihan
Nasib bukanlah sesuatu yang perlu ditunggu.
Tetapi sesuatu yang perlu dicapai
William Jennings Bryan.
��

Comments

0 responses to "When GOD Winks"