16.35 | Posted in ,
Blog atau ada yang menyebutnya Weblog merupakan istilah yang pertama kali ditemukan Jorn Barger pada Bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog (dari web+log) untuk menyebut website2 yang berupa catatan harian seorang websurfer.
Hingga tahun 1998, jumlah blog yang bermunculan masih belum seberapa banyak. Hal ini disebabkan saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan webhostinguntuk membuat sebuah blog. Oleh karena itu, hanya mereka yang berkecimpung dibidang IT, System Administrator, atau Web Designer saja yang yang mempunyai minat untuk berkreasi membuat blog mereka sendiri.

Pada tahun 1999, sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan blogger.com yang memungkinkan siapapun menciptakan blognya sendiri secara gratis. Hasilnya secara seketika hal ini menambah populasi blogger hingga berjumlah 100.000 blog.
Karena kemudahan dan dukungan layanan gratis yang semakin bermunculan untuk membuat blog, jumlah blog dan blogger juga semakin banyak. Blogger.com (yang kemudian dibeli google) berhadapan dengan penyedia layanan blog lainnya, seperti Xanga, blogdrive, blogsome, MSN Space, Multiply, wordpress.com, dan banyak lagi.

Pada tahun 2004, kamus Merriam-Webster Amerika memasukkan blog dalam salah satu daftar kata baru dan memilih "blog" sebagai "word of the year". "There's no stoping blog in the future". Dimasa depan, blog akan menjadi sesuatu yang makin umum dan biasa. Diskusi akan beralih dari "apa itu blog", menjadi "apa yang bisa dilakukan dengan blog". Blog merupakan salah satu teknologi yang memudahkan pengguna Internet untuk berekspresi dan berinteraksi secara virtual. Sebuah blog menjadi sarana bagi pemiliknya untuk menuangkan berbagai pemikiran serta suasana hati mirip sebuah diary. Blog juga dapat berfungsi sebagai "Control Social" yang dapat mengkritisi keadaan sosial masyarakat bahkan mengkritisi pemerintah. Beberapa bulan lalu kita mendengar Blogger Malaysia Raja Petra Kamarudin dengan blognya Malaysia Today ditangkap kepolisian Malaysia akibat artikelnya diblognya.

Di Mata Pemerintah Amerika, aktifitas ngeblog merupakan bentuk kebebasan berekspresi. Blog juga dapat berfungsi sebagai media menyuarakan opini. Berkat blog, warga juga dapat menjadi pewarta sehinnga informasi tak didominasi oleh jurnalis dan media mainstream. Ini bagus bagi demokrasi ..."
"AS selalu mendukung kebebasan berekspresi dan berbicara yang bertanggung jawab . Blog, juga media yang sesuai dengan konstitusi AS..."
(Duta Besar Cameron R. Hume, Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia).

Di Indonesia sendiri Pesta Blogger sebagai ajang pertemuan antar blogger Indonesia sudah berlangsung sejak 2007, dan pada saat pelaksanaan pertamanya dicanangkan 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Pesta Blogger 2008 yang rencananya akan digelar hari Sabtu, 22 November 2008 di Gd. BPPT II, Jl. MH Thamrin no. 8, mulai pukul 10.00 pagi, pada saat launching Pesta Blogger 2008 yang bertema "Blogging for Society" Menkominfo Muhammad Nu mengatakan bahwa, "...kebebasan merupakan salah satu syarat timbulnya kreatifitas. Kami percaya bahwa blogger punya kontribusi positifterhadap masyarakat.


Blogger Indonesia semakin tumbuh berkembang dengan berbagai topik dan opini yang disuarakan, ini merupakan hal positif . Selamat Hari Blogger Nasional.
Jika ingin mendaftar pada pesta Blogger 2008, silahkan mendaftar secara online melalui Formulir Elektronik ini.

Logo Pesta Blogger :
  1. Dengan tulisan I’m going to Pesta Blogger 2008, untuk teman-teman yang berencana hadir di puncak acara Pesta Blogger Oktober nanti
  2. Dengan tulisan I support Pesta Blogger 2008, untuk teman-teman yang karena satu dan lain hal, berhalangan, berada di luar kota dan lain sebagainya sehingga tidak dapat hadir di acara kita bersama ini.

Jika berkenan mohon logo dan button tersebut dapat dipasang di blog teman-teman masing-masing sehingga akan makin banyak teman-teman blogger lain yang tahu tentang acara kita bersama ini.


Pesta Blogger 2008



Pesta Blogger 2008




Keterangan lebih lanjut kunjungi : Pestablogger.com

VIVA BLOGGER INDONESIA!
.

Sumber : Chip Special Blogging, http://pestablogger.com, dll
Gambar : http://pestablogger.com
Category: ,
��

Comments

1 Response to "Pesta Blogger"

  1. achiles On 6 November 2008 08.28

    aku dukung sepenuhnya putra2 indonesia yang lagi berkompetisi di Busby SEO test. salam kenal