14.55 | Posted in ,
Menonton episode demi episode serial TV Smallville yang dibintangi oleh Tom Welling sebagai Clark Kent, sebagai tokoh sentral dari berbagai karakter pemeran lainnya. Clark Kent sebagai seorang manusia luar bumi yang datang sepaket dengan meteor shower ke bumi menimbulkan dampak bagi sebuah desa kecil bernama Smallville, efek dari jatuhnya meteor menimbulkan wabah meteor freak pada beberapa penduduk yang terimbas radiasi batu meteor Krypton, sebagian penduduk yang teradisi batu meteor menjadi seorang yang aneh dan memiliki kekuatan yang bermacam-macam akibat termutasinya gen tubuh menjadi mutan. Sayangnya kemampuan lebih dari beberapa penduduk Smallville tidak dimanfaatkan untuk kebaikan, sebaliknya justru digunakan untuk kejahatan. Tugas dari Clark Kent untuk menyadarkan para Meteor Freak tersebut. Beberapa tokoh dalam serial smallville memilki karakter yang berbeda-beda, contohnya Lex Luthor sahabat Clark Kent dari kecil ini yang kepalanya plontos akibat dari hujan meteor melanda desa smallville memiliki karakter mau menang sendiri dengan didikan ayahnya yang keras dan mencontohkan bahwa semua keinginan dapat diperoleh dengan menggunakan hartanya, semua sifat bapaknya (lionel luthor) tercopykan ke Lex, tidak heran jika Lex Luthor menjadi pribadi yang ambisius. Segala keinginannya harus terpenuhi bahkan jika ambisinya banyak membahayakan lingkungan sekitar, lex juga berambisi memiliki kekuatan super power dengan mengumpulkan orang-orang mutan akibat meteor shower dan mengkloningnya. Persahabatannya dengan Clark sedikit terganggu karena ambisi-ambisi Lex banyak ditentang oleh clark lewat serangkaian proyek ambisius yang berbahaya.

Chloe Sulivan sahabat wanita yang mencintai clark ini mempunyai karakter yang baik dan seorang sahabat yang tulus. Kepintarannya dalam jurnalistik dan komputer banyak membantu clark, berbeda dengan Lana Lang Cinta sejati (Soulmate) Clark Kent dengan perangai mudah jatuh cinta jika disentuh hatinya ini memiliki karakter feminin sekali dan rapuh. berbagai karakter tokoh-tokoh dalam film ini bisa kita ambil pelajaran dari peperanagn ego yang tergambar dalam setiap situasi. Clark Kent yang memiliki kekuatan super (gift) memiliki sifat rendah hati dan sering mengalah, ini terlihat dengan seringnya Clark menurunkan ego pribadi jika berhadapan dalam sebuah konflik, beberapa contoh gambaran situasi pada setiap aksi yang dilakukannya untuk menolong setiap orang yang membutuhkan pertolongannya tidak pernah menonjolkan bahwa semuanya karenanya atau tidak pernah ingin membunuh musuhnya walaupun musuh tersebut benar-benar mengancam jiwanya, dia sangat menghargai manusia dan berpikir semua kejahatan musuhnya masih bisa diperbaiki/ disadarkan mungkin dalam pikirannya setiap orang pernah bersalah dan berhak memperbaiki kesalahannya.

Kita juga bisa melihat Clark yang harus menurunkan ego, waktu melihat kekasihnya direbut sahabatnya sendiri Lex dan memakluminya walaupun dengan berat hati. Chloe Sulivan yang menurut saya seorang sahabat sejati yang membantu clark dalam suka dan duka, dan menyimpan erat rahasia Clark walaupun dengan bayaran nyawanya sebenarnya sangat pas jika disandingkan dengan Clark, Chloe punya pribadi pemberontak dari segala ketidak adilan atau kesewenang-wenangan dan seorang yang tulus membatu setiap orang.

Manusia melihat manusia lainnya sebagai ego-ego yang saling berkompetisi menurut sebuah buku yang saya baca, tidak heran jika manusia sebagai khalifah bumi bisa menjadi sahabat bumi atau justru sebaliknya perusak bumi dengan pengusaan dan eksploitasi alam oleh manusia. Manusia memiliki ego yang ditanamkan pada setiap individu adalah sebuah fitrah (sunatullah) tapi bagaimana memanagenya supaya menjadi rahmat bagi setiap manusia dan alam sekitar (rahmatan lil alamin) itu yang harus di fikiirkan. Menurunkan ke-AKU-an (AKU adalah pusat segalanya) dan mengesampingkan me, myself, and I untuk kepentingan orang lain menjadikan dunia ini damai, alam ini bersahabat dan tegaknya keadilan. Dalam kehidupan keseharian kita rasanya tidak terlepas dari yang namanya perang ego, tapi bagaimana kita dapat menurunkan ego dan memaklumi orang lain yang semestinya harus diterapkan. setidaknya kita berusaha untuk menurunkan ego walaupun ego kita berkecamuk, pilihanya saya menang atau dia kalah tidak akan ada ujungnya malah memancing perdebatan lebih sengit lagi.

Selalu antara Engkau dan Tuhan
oleh : Bunda Theresa

Orang kerap kali tak bernalar, tak logis dan egois
Biar begitu, maafkanlah mereka

Bila engkau baik, orang mungkin akan menuduhmu
menyembunyikan motif egois
Biar begitu, tetaplah bersikap baik

Bila engkau jujur dan berterus terang,
orang mungkin akan menipumu
Biar begitu, twtaplah jujur dan berterus terang

Bila engkau sukses, engkau akan mendapat
teman-teman palsu dan teman-teman sejati
Biar begitu, tetaplah meraih sukses

Apa yang engkau bangub selama bertahun-tahun,
mungkin akan dihancurkan seseorang dalam semalam
Biar begitu, tetaplah membangun

Bila engkau menemukan ketenangan dan kebahagiaan,
orang mungkin akan iri hati dan dengki
Biar begitu, tetaplah berbahagia dan temukan kedamaian hati

Kebaikan yang engkau lakukan hari ini,
mungkin akan dilupakan orang keesokan harinya
Biar begitu, tetaplah lakukan kebaikan

Berikan pada dunia milikmu yang terbaik,
dan mungkin itu tak akan pernah cukup
Biar begitu, tetaplah berikan pada dunia milikmu yang terbaik

Ketahuilah, pada akhirnya, Sesungguhnya ini semua adalah antara engkau dan Tuhan Tidak pernah antara engkau dan mereka


Turunkan Ego Maklumi Orang Lain
Degrading EGO and Respect

Gambar :
1. http://www.lrz-muenchen.de/~heller/ego/egointro.html
2. http://redwing.hutman.net/~mreed/warriorshtm/ego.htm

Category: ,
��

Comments

0 responses to "Turunkan Ego Maklumi Orang Lain"