13.42 | Posted in
Cashflow game, adalah sebuah permainan kecerdasan finansial yang dirancang oleh Robrt T. Kiyosaki. Robert T. Kiyosaki adalah inovator dalam kecerdasan finansial untuk meraih kebebasan finansial dengan pensiun muda dan pensiun kaya (Reire Young Retire Rich). Buku-buku best sellernya diseluruh dunia antara lain : Rich dad Poor Dad, Cashflow Quadrant, Retire Young Retire Rich, Rich Kid Smart Kid, dan Business School.

Robert T. Kiyosaki mengatakan bahwa perbedaan orang kaya dan orang miskin terletak pada "Apa yang mereka lakukan dengan uang lebih mereka" . Orang miskin menghabiskan semua untuk hal yang tidak produktif, orang kaya menginvestasikan uang lebih mereka pada Asset yang akhirnya menghasilkan Passive Income.

Permainannya mirip monopoli, ada dadu dan kartu. Melalui permainan ini kita bisa belajar pemikiran Robert T, Kiyosaki tentang Financial Freedom. Financial Freedom artinya kurang lebih "Bila Anda mempunyai suatu asset, dimana asset itu bisa menghasilkan uang melebihi kebutuhan rutin kita tanpa harus bekerja, maka kita dikatakan mencapai "Financial Freedom". Sebuah kondisi yaitu bukannya kita bekerja untuk uang tapi sebaliknya uang bekerja untuk kita seteah asset kita terbentuk.



Papan permainan dibagi menjadi dua buah track berbentuk lingkaran; (1)lingkaran dalam ( rat race (balap tikus)) (2)lingkaran luar ( lingkaran "financial freedom" / lingkaran daya ungkit)


Lingkaran dalam, balapan tikus (rat race), terdiri dari juring-juring lingkaran yang bertuliskan : paycheck (gajian), bayar sewa rumah, bayar listrik, bayar air, anak lahir, beli TV layar datar, sepupu pinjam duit, bayar asuransi, PHK, small business opportunity, dll yang merupakan kejadian-kejadian finansial sehari-hari (kejadian yang digolongkan "kecil" di dalam permainan ini, baik yang mendatangkan output uang positif dan negatif. Lingkaran ini menggambarkan siklus keuangan dari sebagian besar kita : Bekerja->mendapat gaji->menggunakannya->menabung bila ada sisa->bekerja->mendapat gaji->menggunakannya->menabung bila ada sisa dst kembali ke siklus semula.

Lingkaran luar, adalah lingkaran kebebasan keuangan atau lingkaran daya ungkit keuangan, terdiri dari mata rantai yang bertuliskan : Initial Public Offering, Akuisisi Perusahaan, Penawaran Saham Khusus, Membangun Perusahaan IT, Hedge Fund, dll yang juga merupakan kejadian-kejadian finansial "besar", baik yang mendatangkan output uang positif dan negatif. Lingkaran ini disebut dengan lingkaran daya ungkit (laverage) keuangan, artinya : dengan sesuatu usaha kecil keuangan menghasilkan suatu hasil yang jauh lebih besar.

Tujuan dari permainan ini adalah bagaimana keluar dari lingkaran dalam dan masuk ke dalam lingkaran luar, dengan satu syarat : "Pendapatan pasif (pendapatan tanpa bekerja) lebih dari pengeluaran"


Begitulah gambaran sederhana permainan ini. Permainan ini dimulai dengan, sebagai apa kita berperan dala permainan ini profesi guru karyawan atau yang lainnya. Masing-masing mempunyai standar gaji, kewajiban perbulan yang harus dibayarkan, dll. Rutinitas tiap hari bekerja dan mendapatkan gaji (Pay check) tiap bulan dan harus disisihkan untuk menabung yang hasilnya kita belikan sebuah asset awal kemudian keuntungan dari asset tersebut kita belikan asset yang lainnya begitu seterusnya sampai kita dapat keluar dari lingkaran dalam atau perlombaan tikus (rat race) menuju lingkaran luar (financial freedom) artinya asset kita sudah terbentuk dan menghasilkan income terus menerus tanpa kita harus bekerja (Passive Income).

Dalam permainan ini mengajarkan kepada kita untuk tidak selamanya menjadi orang gajian, artinya mendorong setiap orang untuk berani mempunyai sebuah usaha yang menghasilkan uang tanpa harus bekerja. Apalagi digambarkan dalam permainan ini semakin bertambahnya anak maka makin bertambahnya kewajiban yang harus dibayarkan sedangkan penghasilan yang didapatkan masih tetap. Rutinitas dalam lingkaran dalam (rat race) sama dengan kehidupan sehari-hari yang membosankan, jalan keluar dari rutinitas perlombaan tikus adalah segera menuju lingkaran luar menuju financial freedom (kebebasan finansial) setelah terbentuknya asset yang menjadi mesin uang.

Selain Cashflow game board sekarang sudah ada Cashflow e-game yang bisa dimainkan dikomputer, ada tiga versi Cashflow e-game 101, Cashflow e-gam 202, dan Cashflow e-game for kid, kesemuanya diperuntukkan sebagai wadah pembelajaran kecerdasan finansial yang seharusnya ditanamkan sejak dini. Setelah bermain cashflow e-game dikomputer ternyata lebih menarik bermain dengan menggunakan cashflow game board bersama-sama sambil melemparkan dadu dan menyusun rencana tindakan yang akan kita jalankan untuk segera keluar dari rat race.



Category:
��

Comments

0 responses to "Bermain Cashflow Game"