09.59 | Posted in
Dua jalan terpencar disebuah hutan kekunuingan
Dan maaf, aku tidak bisa melalui keduanya
Dan sebagai seorang pengelana, aku lama berdiri
Dan melihat sejauh mungkin ke satu jalan
Sampai jalan itu membelok disemak-semak
Kemudian melihat jalan yang lain seperti tadi
Dan mendapat penilaian yang mungkin lebih baik.

Karena jalan itu penuh rumput dan tampak menggoda untuk dilalui
meski sesungguhnya, para pelintas
Telah meninggalkan bekas yang sama banyak

Dan keduanya sama-sama terbentang pagi itu
Diatas daun tidak ada jejak yang menghitam
Oh, aku akan mengambil jalan pertama lain hari !
Namun, setelah tahu kemana sebuah jalan mengarah
Aku ragu akan kembali lagi

Aku akan menceritakan ini dengan menghela napas panjang
Suatu waktu, bertahun-tahun kemudian
Dua jalan terpencar disebuah hutan kekuningan
Dan aku
Aku mengambil jalan yang paling jarang dilalui
Dan itu mengubah segalanya.

Membuat kesalahan itu manusiawi ; tersandung adalah hal biasa; bisa menertawakan diri sendiri tanda kedewasaan.
William Arthur Ward (1921-1994)
Penulis Amerika Serikat
Category:
��

Comments

0 responses to "Jalan yang Tak Diambil"